Sayur Kangkung Bisa Menyebabkan Kantuk, Benarkah??




Banyak yang berfikiran atau bahkan men "judge" kan bahwa sayur kangkung adalah biang keladi dari semua rasa kantuk yang diterima, benarkah itu... atau mungkin hanya isu belaka?? Check this Out!!
Nganjuk – Tanaman kangkung (yang mempunyai nama latin Ipomoea aqatica untuk kangkung air dan Ipomoea reptana untuk kangkung darat) merupakan tanaman yang pastinya sudah populer dikalangan masyarakat baik yang menengah keatas maupun yang punya ekonomi rendah. Kangkung ini bisa dibilang jenis tanaman yang mudah ditemukan di seluruh pelosok negeri ini, Indonesia. Tanaman Kangkung ini cenderung dijadikan bahan makanan dan yang paling sering adalah diolah menjadi tumis kangkung, lezat bukan, bisa dicoba sendiri.
Selanjutnya, masakan kangkung ini menjadi hal biasa atau menjadi makanan yang bisa dibuat kapanpun dan mudah cara membuiatnya, namun bukan itu yang membuat Team penasaran, akan tetapi yang membuat kami penasaran adalah hampir semua kalangan meyakini bahwa Sayur kangkung inilah biangnya kantuk atau bisa dibilang sayur ini dapat membuat orang menjadi Ngantuk, Mungkinkah???
Setelah searching di internet didapatlah penjelasan seperti di bawah ini, check this out............

1.   KANDUNGAN GIZI.
Kangkung mengandung zat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, Zat besi  sangat penting untuk tubuh kita, peranannya dalam membentuk sel darah merah sangatlah vital. Lemas, pusing dan pandangan kabur adalah ciri awal anemia karena kekurangan zat besi. Pada kangkung terdapat  2,5 mg/100g, sehingga sangat baik untuk mengatasi anemia/kurang darah.

Nama Bahan Makanan : Kangkung
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Kangkung yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kangkung yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 70 %
Jumlah Kandungan Energi Kangkung = 29 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kangkung = 3 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kangkung = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kangkung = 5,4 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kangkung = 73 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kangkung = 50 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kangkung = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kangkung = 6300 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kangkung = 0,07 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kangkung = 32 mg

2.   KHASIAT (BEBERAPA EFEK POSITIF)
A. Mengurangi Haid Berlebihan
Jika darah haid Anda berlebihan, Anda bisa memanfaatkan kangkung untuk mengatasinya. Caranya: Ambil setengah kilogram daun Kangkung segar. Cuci bersih, lalu tumbuk halus. Tuangkan air setengah gelas, saring dan tuangkan satu sendok makan madu. Minum sekali sehari sekaligus. Haid akan jadi baik dan lancar.

B. Mencegah Penyakit Diabetes Melitus
Ekstrak kangkung  dapat menghambat penyerapan kadar gula dalam darah. Perbanyaklah mengkonsumsi Kangkung, bila anda mengidap penyakit diabetes mellitus.

C.  Kaya Vitamin C dan B kompleks
Secara umum, kandungan vitamin C pada kangkung lebih banyak dibanding kebanyakan sumber vitamin C pada buah-buahan. Oleh karena itu, kangkung baik untuk mencegah sariawan/gusi berdarah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tak mudah terkena serangan penyakit akibat virus, misalnya flu. 
Kadar vitamin B Kompleks dan Omega 3 pada kangkung, ternyata juga cukup banyak. Keduanya merupakan peningkat produksi serotin dalam otak kita, sehingga bisa menciptakan suasana tenang melalui otak. Oleh karena itu, kangkung bisa dikatakan bisa  menyegarkan kembali otak kita.


D. Mencegah Insomnia
Kangkung memiliki sifat sedatif, sehingga sering dikatakan sebagai penyebab ngantuk.  Kangkung Juga berpotensi bisa  mengendurkan saraf. Semakin kendur saraf-saraf kita, maka tidur pun akan semakin nyenyak dan lelap. Dengan kata lain kangkung dapat membantu mengatasi insomnia dan membantu untuk dapat tidur lebih pulas.

E. Menajamkan Penglihatan
Kangkung kaya akan vitamin A , sehingga Kangkung bisa menjaga kestabilan penglihatan mata. Vitamin A yang terdapat pada kangkung sebesar 6300 IU, sedikit lebih banyak dibanding bayam yang hanya 6100 IU. Hal tersebut dapat dilihat dari warna daunnya, semakin hijau daunnya maka kandungan betakarotin juga semakin tinggi.

F. Menghilangkan Ketombe
Manfaat kangkung juga dapat kit atemui sebagai obat yang dapat menghilangkan ketombe. Cara membuat ramuan ini yaitu: ambilah seikat daun Kangkung. Rendam daun ini semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Lakukan setiap hari, niscaya ketombe akan hilang.


Jadi ternyata, Kangkung yang memiliki sifat sedatif inilah yang membuat kita mengantuk, dan kesimpulan yang diambil adalah ternyata benar, apa yang dibicarakan masyarakat pada umumnya mengenai kangkung yang membuat kita ngantuk itu terbukti dengan data-data diatas. Itu akan sangat berguna bila kita memanfaatkannya di saat yang tepat.

0 comments:

Posting Komentar

Indonesia adalah negara bebas berpendapat dan berkomentar, namun tidak menghilangi nilai-nilai kemanusiaan.